Saturday, April 28, 2012

PERENCANAAN SALURAN DISTRIBUSI PRODUK part 2 of 4





VERTICAL MARKETING SYSTEM KORPERASI
VMS korperasi mengintegrasikan tahap produksi dan distribusi suksesif di  bawah pemelkan tunggal. Koordinasi dan menajemen konflik diperoleh melalui saluran organisasi resmi. Misalnya, raksasa bahan pangan Kroger memiliki dan mengoperasikan 42 pabrik yang memproduksi lebih dari 8.000 barang label pribadi yang ditemukan di rak tokonya. Giant Food Store mengoperasikan satu fasilitas pemrosesan kubus es, operasi pembotolan  minuman ringan, pengolahan susu, pabrik es krim, dan toko roti  yang memasok  toko-toko Giant denga segala hal mulai dari bagel sampai kue ulang tahun.  

Vertical marketing system, terdiri dari perusahaan independen pada tingkat produksi dan distribusi berbeda yang bergabung bersama melalui kontrak untuk memperoleh dampak ekonomis atau penjualan yang lebih besar daripada yang dapat perusahaan capai sendirian. Koordinasi dan menajemen konflik diperoleh melalui kesepekatan kontraktual antar anggota. 

Organisasi waralaba adalah tipe hubungan kontraktual yang paling umum anggota saluran yang disebut pewaralaba menghubungkan beberapa tahap dalam proses produksi distribusi. 

Ada tiga jenis waralaba. Jenis pertama adalah system waralaba pengecer yang disponsori produsen, misalnya, Ford dan jaringan dealer waralaba independennya. 

Tipe kedua adalah system waralaba pedagang grosir yang disponsori produsen, Coca-cola melisensikan pembotol (pedagang grosir) di berbagai pasar yang membeli konsentrat sirup Coca-cola dankemudian membotolkan dan menjual produk jadi ke pengecer di pasar setempat. 

Tipe ketiga adalah sistem waralaba pengecer yang disponsori perusahaan jasa, contohnya, ditemukan dalam bisnis penyewaan mobil (Hertz Avis), 

VMS teradministrasi, adalah sistem pemasaran vertikal yang mengkordinasikan tahap produksi dan distribusi suksesif, tidak melalui kepemilikan umu atau ikatan kontraktual, tetapi melalui ukuran dan kekuatan salah satu pihak. 

Sistem pemasaran horisontal, pengaturan saluran di mana dua atau lebih perusahaan dalam satu tingkatan bergabung bersama untuk meraih peluang pemasaran.  

Sistem distribusi multisaluran, asalah distribusi dimana sebuah perusahaan menetapkan dua atau lebuh saluran pemasaran untuk menjangkau satu atau lebih segmen pelanggan. 





Search This Blog