Wednesday, April 18, 2012

JENIS-JENIS BANK


BANK UMUM

                    Bank yang melaksanakan kegiatan usahanya secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
 -Fungsi & Peranan Bank Umum
       Penciptaan uang
   1.   Mendukung kelancaran mekanisme pembayaran
    2.  Penghimpun dana simpanan
    3.  Mendukung kelancaran transaksi internasional
    4.  Penyimpanan barang & surat berharga
    5.  Pemberian jasa-jasa lainnya
BANK PERKREDITAN RAKYAT 
                  Bank yang melaksanakan kegiatan usahanya secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
 
BANK SYARIAH
                     Bank yang menjalankan fungsi intermediasinya berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam dan merupakan salah satu lembaga keuangan dari beberapa lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah.
 
BANK SENTRAL
                      Lembaga keuangan perbankan yang berbentuk badan hukum dan merupakan lembaga keuangan formal. Sebagai sebuah bank, maka bank sentral mempunyai beberapa kesamaan dengan bank pada umumnya.

  BI SEBAGAI BANK SENTRAL NEGARA RI
      Tujuan
                   Mencapai & memelihara kestabilan nilai rupiah terhadap barang & jasa yang diukur dengan atau tercermin dari perkembangan laju inflasi, serta terhadap mata uang negara lain, yang diukur dengan atau tercermin dari perkembangan nilai tukar (kurs) terhadap mata uang negara lain.
 

reference: study from college

Search This Blog