Thursday, April 26, 2012

RETALING DAN WHOLE SELLING part 1 of 5




PENGECERAN
       Pengeceran adalah semua kegitan yang mencakup penjulan produk atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi, nonbisnis konsumen.
Pengecer  adalah bisnis yang penjualnya teruatama datang dari pengeceran.
       Sebagian besar pengeceran dilakukan di toko eceran, dalam tahun-tahun terakhir pengeceran nontoko tumbuh jauh lebih cepat daripada pengeceran toko. Pegenceran nontoko meliputi penjualan pada konsumen akhir melalui pengiriman surat lansung, katalok,  telepon, internet, acara belanja-rumah TV, pihak rumah dan kantor, hubungan pintu ke pintu, mesin penjual otomatis, dan pendekatan penjualan langsung lainnya. 

JENIS-JENIS PENGECER
               Toko eceran mempunyai berbagai bentuk dan ukuran, dan jenis pengecer baru terus     bemunculan. Tipe pengecer diklasifikasikan dalam  beberapa karateristik, termasuk jumlah pelayanan yang mereka tawarakan, lebar dan kedalaman lini produk, harga relatif yang mereka kenakan, dan cara pengaturan pengeceer. 
 
JUMLAH PELAYANAN

Produk yang berbeda memerlukan jumlah pelayanan yang bebeda pula, preferensi pelayanan pelanggan pun beragama. Pengecer mungkin menawarkan atau dari tiga tingkat pelayanan-swalayan, pelayanan terbatas, dan pelayanan penuh. 

Pengecer swalayan, melayani pelanggan yang ingin melakukan sendiri proses “menemukan letak-membandingkan-memili” untuk menghemat uang.
Swalayan merupakan dasar semua operasi diskon dan biasanya digunakan oleh penjual barang-barang kebutuhan sehari-hari (seperti pasar swalayan) dan barang-barang  belanja bermerek nasional dengan perpindahan cepat, contohnya, Matahari. 

Pengecer pelayanan terbaras, seperti Sears JC Penney, menyediakan lebih banyak banutuan penjualan kerena mereka menjual barang-barang belanja  di mana pelanggan membutuhkan lebih banyak informasi mengenai barang-barang tersebut. Biaya operasi yang lebih tinggi menyebabkan harga lebih tinggi pula. 

Pengecer pelayanan penuh, seperti toko khusus dan departemen store kelas satu, wiraniaga membantu pelanggan dalam setiap fase proses belanja. Toko pelayanan penuh bisanya menjual barang-barang khusus yang harus “ditunggu”  oleh pelanggan. Toko pelayanan penuh memberikan lebih banyak pelayanan yang menyebabkan biaya operasi yang jauh lebih tinggi, yang dibebankan kepada pelanggan menjadi harga yang lebih mahal



Search This Blog