Sunday, April 22, 2012

KEWIRAUSAHAAN


PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan atau dulu juga disebut kewiraswastaan merupakan suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya dapat diperoleh dari suatu rangkaian kerja yang diberikan dalam praktik. 

Wirausaha, adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan darinya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan. (Meredith, 1995).

Kewirausahaan adalah semangat, perilaku dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik pada pelanggan/masyarakt; dengan selalu berusaha mencari pelanggan lebih banyak dan melayani pelanggan lebih baik, serta meciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerja yang lebih efisien,

Melalui keberanian mengambil resiko, kreativitas dan inovasi serta kemampuan menajemen. (Salim Siagian, 1998).

CIRI-CIRI WIRAUSAHAAN
                Ciri-ciri wirausahaan adalah sebagai berikut:
  1. Percaya diri, seorang wirausahaan memiliki keyakinan diri sendiri yang tinggi untuk memasuki bisnisnya.
  2. Memiliki daya intuisi yang tajam, banyak bisnis yang dimulai karena seseorang memiliki intuisi bahwa bisnis tersebut memilik prospek yang bagus.
  3. Berorientasi pada tugas dan hasil, Wirausahawan lebih mengutamakan prestasi usahanya terlebih dahulu dibanding prestise.
  4. Berani mengambil risiko, dunia usaha selalu penuh dengan risiko dan tantangan seperti persaingan usha, harga bahan baku turun naik, barang tidak laku, perubahan selera pasar, produk cacat atau rusak.
                 Dengan kata lain kewirausahaan merupakan suatu proses penciptaan nilai degan menggunakan berbagai sumber daya tertentu untuk mengeksploitasi peluang.




Search This Blog