Saturday, May 12, 2012

ANALISA LAPORAN KEUANGAN part 2 of 4


Analisa Sumber dan Penggunaan Modal Kerja
 Analisa penggunaan modal kerja  adalah suatu analisa untuk mengetahui sumber-sumber serta penggunaan modal kerja atau untuk mengetahui sebab-sebab berubahnya komposisi modal kerja dalam satu periode tertentu pada perusahaan tersebut
Analisa sumber dan penggunaan modal kerja ini menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas atas modal yang sudah ditanamkan dan sejauhmana manajemen dapat menambah permodalan yang sangat berati bagi kemajuan serta tumbuh kembangnya perusahaan.
Pengertian  Laporan Sumber dan Penggunaan Modal Kerja :
 “ Adalah suatu ringkasan yang menggambarkan tentang sumber-sumber pendapatan  yang dimiliki oleh perusahaan serta sektor-sektor pengeluaran perusahaan yang digunakan untuk kegiatan operasioanal dalam suatu periode tertentu”

Definisi Modal Kerja
a.  Konsep Kwantitatif
            Konsep ini menitik beratkan kepada kwantum yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan perusahaan dalam membiayai operasinya yang bersifat rutin, atau menunjukkan jumlah dana (fund) yang tersedia untuk tujuan operasi jangka pendek. Dalam konsep ini menganggap bahwa modal kerja adalah jumlah aktiva lancar (gross working capital)
b. Konsep Kwalitatif
“Konsep ini menitik beratkan pada kwalitas modal kerja dalam konsep ini pengertian modal kerja adalah kelebihan aktiva lancar terhadap hutang jangka pendek (net working capital) yaitu jumlah aktiva lancar yang berasal dari pinjaman jangka panjang maupun dari pemilik perusahaan. Definisi ini bersifat kwalitatif karena menunjukkan tersedianya aktiva lancar yang lebih besar dari hutang lancar.”
c. Konsep Fungsional
“Konsep ini menitik beratkan pada fungsi dari dana yang dimiliki dalam rangka memperoleh laba dari usaha pokok perusahaaan. Pada dasarnya dana-dana yang dimiliki oleh perusahaan seluruhnya akan digunakan untuk menghasilkan laba sesuai dengan usaha pokok perusahaan  tetapi tidak semua dana itu akan digunakan sebagai usaha untuk mendapatkan laba pada periode itu.”
Sumber Modal Kerja
  1. Hasil Operasi Perusahaan
  2. Keuntungan Dari Penjualan Surat-Surat Berharga
  3. Penjualan aktiva Tidak Lancar
  4. Penjualan Saham Atau Obligasi
Modal Kerja akan bertambah  apabila :
  1. Adanya kenaikan sektor modal baik yang berasal dari laba maupun adanya pengeluaran modal saham atau tambahan investasi dari pemilik perusahaan
  2. Ada pengurangan atau penurunan aktiva tetap diimbangi dengan bertambahnya aktiva lancar karena adanya penjualan aktiva tetap maupun melalui proses depresiasi.
  3. Ada penambahan hutang jangka panjang baik dalam bentuk obligasi, hipotek atau hutang jangka panjang lainnya yang diimbangi dengan bertambahnya aktiva lancar.

Analisa sumber dan Penggunaan Kas
Merupakan suatu analisa untuk mengetahui  sebab sebab  berubahnya Jumlah uang kas atau untuk mengetahui sumber-sumber serta penggunaan uang kas  Selama periode tertentu
Analisa ini sangat berkaitan erat dengan pengaturan cash flow perusahaan. Manajemen cash flow yang baik akan sangat menentukan kelancaran operasional perusahaan karena pada dasarnya cash flow merupakan gambaran real efektifitas manajemen modal kerja yang sangat penting bagi pelaksanaan operasional perusahaan.
 Analisa ratio
Adalah suatu metode analisa untuk mengetahui  hubungan dari pos-pos tertentu Dalam neraca atau laporan rugi-laba secara individu atau kombinasi dari kedua laporan tersebut . Analisa ini secara praktik di lapangan menjadi analisa yang paling sering dilakukan  perusahaan sehingga dapat dikatakan  inti dari analisa laporan keuangan adalah analisa ratio  karena dalam analisa ratio ini sudah tercakup hal-hal prinsip yang sangat diharapkan informasinya sebagai hasil analisa laporan keuangan  yang meliputi
a.       analisa likuiditas
b.      Analisa solvabilitas dan
c.       Analisa rentabilitas
d.      Analisa-analisa ratio lainnya yang relevan

Analisa Perubahan Laba Kotor
Merupakan suatu analisa untuk mengetahui sebab-sebab perubahan laba kotor suatu perusahaan dari periode ke periode yang lain atau perubahan laba kotor suatu periode dengan laba yang dibudgetkan untuk periode tertentu.
Dalam analisa ini perlu juga diperhatikan besarnya HPP yang telah dikeluarkan oleh perusahaan sehingga akan diketahui prosentasi HPP antar tahun satu dengan tahun yang lain sehingga dengan demikan akan dihasilkan dat yang akurat terkait dengan kebijakan HPP serta  ratio HPP tersebut terhadap hasil penjualan pada setiap periode  

 Analisa break even Point
Merupakan suatu analisa untuk menentukan tingkat penjualan yang harus dicapai oleh suatu perusahaan agar perusahaan tersebut tidak menderita kerugian , tetapi juga belum memperoleh keuntungan . Dengan analisa break event point ini juga akan diketahui  berbagai tingkat keuntungan  atau kerugian untuk berbagai tingat penjualan
Melalui analisa break event point ini perusahaan akan memiliki pedoman tentang  sebesar apa penjualan harus terealisasi agar produk yang dihasilkan  diserap pasar dan menguntungkan  tentu saja analisa ini tidak terlepas dari masalah-masalah terkait dengan haraga jual, volume penjualan  serta harga pokok dari produk yang harus dianggarkan oleh perusahaa.



Search This Blog