Wednesday, May 30, 2012

LANDASAN TEORI, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS part 3 of 4


D. Deskripsi Teori
1.      Deskripsi teori dlm suatu penelitian merupakan uraian sistematis tentang teori (bukan sekedar pendapat pakar atau penulis buku) dan hasil-hasil penelitian yg relevan dengan variabel yang diteliti.
2.      Berapa jlh kelompok teori yang perlu dideskripsikan, tergantung pd luasnya permasalahan dan secara teknis tergantung pada jlh variabel yang diteliti. Artinya bila suatu penelitian terdapat tiga variabel independen dan satu variabel dependen, maka teori yang perlu dides-kripsikan ada empat.
3.      Sumber bacaan yg baik harus memenuhi tiga kriteria, yaitu: relevansi, kelengkapan, dan kemutakhiran kecuali penelitian sejarah.
4.      Langkah-langkah untuk dapat melakukan pendeskripsian teori adalah sbb:

  1. Tetapkan nama variabel yg diteliti & jlh variabelnya.
  2. Cari sumber2 bacaan yg sebanyak-banyaknya dan yang relevan dengan setiap variabel yang diteliti
  3. Lihat daftar isi setiap buku dan pilih topik yang relevan dengan setiap variabel yang akan diteliti
  4. Cari definisi setiap variabel yg akan diteliti pada setiap sumber bacaan, bandingkan antara satu sumber dgn sumber lainnya dan pilih definis yg paling sesuai dgn penelitian yg akan dilakukan
  5. Baca seluruh topik buku yang sesuai dengan variabel yg akan diteliti, lakukan analisa, renungkan & buatlah rumus dgn bahasa sendiri tentang isi setiap sumber data yang dibaca.
  6. Deskripsikan teori2 yang telah dibaca dari berbagai sumber ke dlm bentuk tulisan dgn bahasa sendiri dan sumbernya harus dicantumkan.

E. Kerangka Pikir
Merupakan model konseptual tentang bagaimana teori ber-hubungan dgn berbagai faktor yg telah diidentifikasi sebagai masalah yang penting.
Kerangka pikir yg baik akan menjelaskan secara teoritis per-tautan antar variabel yang akan diteliti. Artinya secara teoritis perlu dijelaskan hubungan antar variabel independen denan dependen. Jika dlm penelitian tersebut ada variabel moderator dan atau intervening, maka juga perlu dijelaskan, terutama mengapa variabel2 tersebut ikut dilibatkan dalam penelitian.
Kerangka pikir merupakan sintesa tentang hubungan antar variabel yg disusun dr berbagai teori yg telah dideskripsikan, selanjutnya dianalisis secara kritis dan sistematis, sehingga menghasilkan sintesa tentang hubungan antar variabel yang diteliti. Dan sintesa hubungan variabel tsb digunakan untuk merumuskan hipotesis. 
 
Uma Sekaran (1992) kerangka pikir yang baik memuat hal-hal sbb:
  1. Variabel-variabel yang akan diteliti harus dijelaskan
  2. Harus dapat menunjukkan dan menjelaskan pertautan/hubungan antar variabel yang diteliti dan ada teori yang mendasarinya.
  3. Menunjukkan dan menjelaskan hubungan positif atau negatif berbentuk simetris, kausal atau interaktif
  4. Perlu dinyatakan dlm bentuk diagram, sehingga pihak lain dpt memahami apa yg kita maksud-kan dalam penelitian tersebut




Search This Blog