Friday, May 25, 2012

Pembiayaan Utang Internasional part 1 of 4


            Instrumen utama dalam pembiayaan utang internasional yang mencakup pinjaman sindikasi, euronote, dan obligasi internasional.
A. Pasar Modal
   Pinjaman Sindikasi
  Faktor kunci yang mendorong deposan dan debitur pasar pinjaman sindikasi Eurocurrency adalah rendahnya perbedaan suku bunga kredir dan deposito (interest rate spread) di pasar ini. Perbedaan antara suku bunga pinjaman dan deposito sering kurang dari 1%. Rendahnya spread ini diakibatkan oleh beberapa alasan.
Pertama, pasar Eurodollar adalah pasar perdagangan besar (wholesales market), dimana jumlah deposito dan pinjaman minimum $500000.
Kedua, peminjam (debitur) biasanya adalah perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah yang “berhak” memperoleh  suku bunga rendah karena kredibilitas dan ukuran transaksinya yang besar.
Ketiga, biaya overhead dalam operasi Eurodollar oleh bank-bank partisipan biasanya rendah.
Keempat, lebih tingginya suku bunga deposito di pasar Eurodollar disbanding pasar domestic lain kareba bank dalam pasar Eurodollar tidak dikenai keharusan mengikuti cadangan wajib (reserve requirements) atau kewajiban mematuhi kebijakan moneter suatu negara.
Ada dua jenis kredir Eurodolar, yaitu:
1. Eurodollar line of credit
2. Eurodollar revolving 



reference: study from college

Search This Blog