Monday, May 21, 2012

Tugas Makalah NUGGET MARKET part 4 of 4


  ANALISIS SWOT NUGGET MARKET








          1. Strength/ Kelebihan
1.  Kualitas, Nugget memastikan produk mereka merupakan produk yang berkualitas sehingga diharapkan tidak mengecewakan para pengunjungnya.
2.  Seleksi, produk Nugget menganut konsep bahwa seleksi terbaik merupakan salah satu  modal bagi terciptanya kepuasaan terhadap konsumen mereka.
3.  Layanan, salah satu hal yang dianut oleh Nugget adalah pemberian layanan yang baik dan berkualitas, karena dengan adanya layanan yang baik dan berkualitas akan menciptakan pengalaman berbelanja yang hebat sehingga tercipta  hubungan baik antara konsumen dan perusahaan. Ini akan  membuat konsumen merasa puas serta akan berbelanja kembali ke Nugget.
4.  Harga yang hebat, Nugget sangat peduli dengan harga mereka. Memastikan bahwa harga yang ditawarkan merupakan harga termurah dari semua pesaingnya.
5.  Standar kerja yang baik, manajemen yang diterapkan di Nugget membuat 8000 pelamar  ingin bekerja di Nugget.

2. Weakness/ Kelemahan
Toko kelontong ini hanya terdapat di wilayah California. Hal ini membuat perusahaan memiliki keterbatasan dalam perluasan usaha karena hanya mengandalkan dan bergantung pada satu tempat saja.
 Walaupun Nugget merupakan perusahaan yang memiliki reputasi baik di wilayah California, dan mendapat pengakuan dan kecintaan dari konsumennya, dengan banyaknya perusahaan sejenis yang memiliki daya saing hebat dan terus melakukan ekspansi usaha,  Nugget dapat dijajah oleh toko kelontong lainnnya seperti Wal-Mart yang merupakan toko kelontong ternama dunia, jika Wal-Mart bersikeras untuk  beroperasi diwilayah Nugget, maka kemungkinan dapat dipastikan Nugget  mengalami mati suri dikemudian hari.

3. Opportunity/Peluang
                    Nugget Market telah menjadi supermarket yang lebih baik dari pesaing lainnya, seperti Raley's & Bel-Air,  Safeway dan Whole Foods. Hal ini tidak lepas dari manajemen Nugget Market itu sendiri yang berfokus pada  layanan konsumen. Hasil dari pencitraan yang baik dari layanan konsumen ini dilatar belakangi oleh budaya dan lingkungan tempat kerja yang baik pula. Bahkan, majalah Fortune  memasukkan Nugget Market dalam 100 perusahaan terbaik untuk bekerja tahun 2012.
Masuk dalam 100 perusahaan terbaik untuk bekerja tahun 2012, mengindikasikan bahwa Nugget Market memiliki peluang besar untuk melakukan ekspansi perusahaan di wilayah lain, bahkan tingkat dunia. Konsep manajemen kerja yang baik serta budaya dan lingkungan kerja yang menyenangkan, merupakan modal yang sangat baik dalam hal ekspansi perusahaan ke tingkat dunia.
4. Threat/Ancaman
Meski Nugget Market merupakan perusahaan toko kelontong yang hebat dan berhasil masuk dalam 100 perusahaan terbaik untuk bekerja tahun 2012 . Nugget juga menjadi toko kelontong (grocery store) yang telah menjadi pemimpin utama dari para 3 pesaing utamnnya, meski begitu Nugget Market memiliki pesaing hebat yang membuat perusahaan ini cemas. Pesaing hebat itu adalah Wal-Mart.
Wal-Mart yang telah menjadi toko kelontong ternama dunia, merupakan pesaing yang sangat berpangaruh terhadap Nugget Market yang berada di California saat ini. Pada tahun 2005, Wal-Mart yang terus menerus berusaha mempertahankan, meningkatkan kualitasnya dan memperbesar usahanya, melirik wilayah dimana Nugget Market beroperasi, tentu saja ini membuat Nugger Market terancam posisinya sebagai toko kelontong yang sangat diminati oleh masyarakat California. Walaupun pada akhirnya, Wal-Mart dilarang beroperasi di wilayah Nugget karena adanya protes dari Nugget Market dan masyarakat di wilayah yang bersangkutan, tetap saja Wal-Mart menjadi pesaing yang menakutkan bagi Nugget Market. 
Analysis of source:
 source:
nuggetmarket.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Nugget_Markets
en.wikipedia.org/wiki/Food_4_Less
Nb. Please give your comments about this SWOT Analysis

Search This Blog