Tuesday, May 8, 2012

Mengapa melakukan Ekspor-Impor


Why Export Import ?
       Keanekaragaman kondisi Produksi (Land, Weather etc)
       Economic efficiency (Penghematan Biaya produksi)
       Different Taste (Perbedaan Selera)

Comparative Advantage
    Prinsipnya adalah bahwa setiap Negara akan berspesialisasi dalam produksi dan mengekspor barang-barang yang relative lebih efisien dibandingkan Negara lain. Dan sebaliknya, setiap Negara akan mengimpor barang yang biaya produksinya lebih tinggi dari Negara lain.

                                Secara sederhana Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri dengan mengikuti aturan perdagangan yang berlaku (Berdokumen). 




Important Vocabulary
    Incoterms (Internasional Comercial Terms) adalah istilah-istilah yang dipergunakan dalam perdagangan internasional yang diterbitkan oleh ICC (International Chamber of Commerce)

Incoterms
  1. EXW = Ex Work :  Importir mengambil barang yang dibeli di tempat eksportir, tanpa ada formalitas izin ekspor.
2.  FCA =  Free Carrier : Eksportir menyerahkan barang di tempat yang ditunjuk oleh importer dan barang telah memiliki izin ekspor.
3. FAS = Free alongside Ship : Eksportir menyerahkan barang di pelabuhan
4. FOB = Free on Board : Eksportir menyerahkan barang sampai melewati pagar kapal.
5. CFR  =  Cost and Freight : Eksportir menanggung biaya pelayaran
6. CIF  =  Cost Insurance and Freight = Eksportir menanggung biaya asuransi dan pelayaran
7. CPT = Carriage paid to =  Eksportir yang menunjuk pengangkutnya (laut, darat atau udara) dan importer yang membayar biayanya
8. Carriage and Insurance Paid to (CIP) = Eksportir yang menunjuk pengangkut dan asuransinya dan importer yang membayar biayanya
9. Delivered at Frontier (DAF) = Eksportir mengirim barangnya sampai ke perbatasan Negara
10. Delivered Ex Ship (DES) = Exportir mengirim barang sampai naik ke kapal menuju pelabuhan importer (semua biaya ditanggung eksportir)
11. Delivered Duty Unpaid (DDU) = Eksportir mengirim barang sampai ke pelabuhan importer (semua pajak impor ditanggung importer)
12. Delivered Duty Paid (DDP) =  Eksportir mengirim barang sampai pelabuhan importer dan seluruh pajak dan biaya ditanggung eksportir



Search This Blog