Thursday, May 3, 2012

SISTEM MONETER INTERNASIONAL


SISTEM MONETER INTERNASIONAL
Sistem moneter internasional (SMI) merupakan seperangkat kebijakan institusi, praktis, peraturan dan mekanisme yang menentukan tingkat dimana suatu mata uang ditukarkan dengan mata uang laian (Shapiro, 1992).
SMI diibaratkan jaringan lampu lalulintas, dinama setiap pelaku menganggapnya tidak ada masalah kecuali lampu tsb rusak dan mati (Rivera-Batis,1989).
SMI sangat erat hubungan  dengan konsep konvertibilitas mata uang (currency convertibility), sejarah dan kontroversi sistem moneter internasional, serta sistem kurs
Apa yang dimaksud dengan  Konvertibilitas Mata Uang ( Currency Convertibility)  ?

Ciri-ciri Hard Currencies
  1. Apabila mata uang tersebut diterima secara luas sebagai bukti pembayaran internasional. Sbg contoh dollar AS (US$) poundsterling (£), yen (¥) dan deutsche mark(DM) dengancontoh  transaksi perdagangan anatara Kanada dan Meksiko dapat dilakukan pakai dolar AS, bukan merupakan mata uang dikedua negara.
  2. Adanya suatu pasar yang bebas dan aktif bagi mata uang tersebut. Dengan kata lain, apabila diperlukan mata uang ini dapat dengan mudah diperoleh dan dijual secara internasional dalam jumlah banyak.
  3. Relatif minim nya restriksi dalammentranfer mata uang in kedalam dan keluar negri asalnya

Soft Currenies
Soft currency adalah mata uang yang tidak secara luas diterima sebagai media dalam transaksi keuangan internasional. Biasanya mata uang semacam ini tdk memiliki pasar bebas atau valuta asing yang memperdagangkannya. Dengan demikian, mata uang ini tidak mudah diperoleh apalagi di uual. Dibanyak negara ini biasanya disertai dengan kontrol otoritas moneter terhadap arus keluar masuk mata uang ini.
Mata uang yang tidak konverible ini misalnya mata uang negara-negara sosialis Eropa Timur (seperti Rubel Rusia, Zloty Polandia) dan negara-negara sedang berkembang (seperti Yuen China, C ruzeiro Brasil, dan Rupiah Indonesia) yang masih tidak dapat digunakan sebagai alat tukar dalam perdagangan Internasional.
 Dalam praktek, apabila konvertibilitas penuh dari suatu mata uang dihambat, hanya di pasar gelap (black market) seriing muncul dan beroperasi diluar kontrol pemerintah.
 Pada dasarnya pasar gelap adalah suatu pasar bebas yang berdampingan dengan pasar resmi dan menawarkan konversi penuh dalam mata uang lokal kendati ditambah premi yang cukup subtansial diatas tarif resmi. Di banyak negara sedang berkembang, pasar gelap sering beroperasi disekitar taman, hotel internasional, atau diterminal tranportasi

SEJARAH SINGKAT SMI
Secara  historis, SMI mengalami evolusi mulai :
  1. Sistem standart emas (1821-1914)
  2. Nonsistem (1914-1946)
  3. Sistem Bretton Woods (1946-1968)
  4. Sistem kurs tertambat (1968-1973)
  5. Sistem kurs mengambang

Search This Blog