Tuesday, May 1, 2012

JENIS-JENIS PENELITIAN DAN STUDI PENDAHULUAN






  1. Menurut Tujuan
       Grounded Research à yg mendasarkan kepada fakta & menggunakan analisis perbandingan yang bertujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori dimana pengumpulan data & analisisnya berjalan pada waktu yg bersamaan (penelitian laboratorium dengan kontrol yang ketat) à penelitian eksplanatori
       Applied Research à melalui penyelidikan dengan hati-hati, sistematis & terus menerus (menerapkan, menguji dan mengevaluasi) kemampuan suatu teori dalam me-mecahkan masalah-masalah kehidupan praktis
2. Menurut Metode
       Penelitian Survey à Penelitian untuk generalisasi dari pengamatan yang tdk mendalam karena tidak memerlukan kelompok kontrol (penelitian populasi à kejadian2 relatif, distribusi dan hubungan Antar variabel sosiologis/ psikologis)
       Penelitian Ex Post Facto à penelitian yg bertujuan meneliti peristiwa yang telah terjadi dan merunut kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan kejadian tersebut
       Penelitian Eksperimentalà penelitian yg berusaha mencari pengaruh var. tertentu terhadap variabel lain dengan kontrol yang ketat.
       Penelitian Naturalistik/kualitatif à Penelitian yang di-lakukan pada kondisi objek yang alami, peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan datanya dilaku-kan secara gabungan, data yang dihasilkan bersifat deskriptif dan analisis datanya dilakukan secara induktif dan penelitian ini lebih menekankan makna daripada generalisasi.
       Penelitian kebijakan à penelitian yang dilakukan ter-hadap masalah-masalah sosial yg mendasar, sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan dgn harapan dapat ditindaklanjuti secara praktis dalam penyelesaian masalah.
       Penelitian Tindakan à penelitian yang bertujuan menghendaki perubahan dalam situasi tertentu untuk menguji prosedur yang diperkirakan akan menghasilkan perubahan, seperti: situasi, perilaku, organisasi termasuk struktur mekanisme kerja, iklim kerja dan pranata.
       Penelitian evaluasi à penelitian yg dilakukan dgn membandingkan kejadian, kegiatan & produk dgn standar dan program yang telah ditetapkan.
       Penelitian sejarah à penelitian kritis terhadap ke-adaan, perkembangan, serta pengalaman dimasa lampau dan menimbang secara teliti dan hati-hati tentang bukti validitas dari sumber sejarah serta interpretasi dari sumber-sumber keterangan tsb.

3. Menurut Tingkat Eksplanasinya
       Penelitian Deskriptif à suatu penelitian yang di-lakukan untuk mengetahui variabel mandiri tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dgn variabel. Misal. Bagaimana profil pelaku bisnis di Indonesia, seberapa besar produktivitas kerja  karyawan PT. A.
       Penelitian komparatif à suatu penelitian yg ber-sifat membandingkan. Misal. Adakah perbedaan keuntungan antara BUMN dgn perusahaan swasta



4. Menurut jenis Data dan Analisisnya
  1. Penelitian kuantitatif
  1.       Penelitian positivisme - ilmu yang valid & dibangun dari empirisme, teramati, terukur menggunakan logika mate-matika dan membuat generalisasi atas rerata.
  2.        Untuk meneliti populasi atau sampel tertentu
  3.        Pengambilan sampel  secara random
  4.        Pengumpulan data dengan instrumen
  5.        Analisis data kuantitatif dgn tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan menghendaki obyek penelitian yang spesifik dan membatasi sejumlah tata fikir kategorisasi, intervalisasi dan kontinuasi.

  1. Penelitian kualitatif
  1.   Penelitian naturalistik or metode etnografi
  2.   Lebih bersifat postpositivisme – paradigma interpretif dan konstruktif yg memandang realitas sosial sebagai sesuatu yg holistik (utuh), kompleks, dinamis, penuh makna dan hub gejala bersifat interaktif (reciprocal)
  3.   Objeknya alamiah – apa adanya dan tanpa manipulasi
  4.   Instrumennya adalah peneliti itu sendiri (instrumen harus memiliki teori, wawasan luas – mampu bertanya, menganalisis, memotret, mengintrepretasikan dan mengkonstruksi fenomena situasi sosial yang diteliti sehinggan menjadi lebih jelas dan bermakna)
  5.   Pengambilan sampel - purposive dan atau snowbaal
  6.   Teknik pengumpulan data – gabungan
  7.   Analisis data – induktif/kualitatif
  8.   Penekanan hasil penelitian – makna & bukan generalisasi 


 
2.   Karakteristik Penelitian
         Bogdan dan Biklen (1982)
  1.  Qualitative Research has the natural setting as the direct source of data and researcher is the key instrument (Penelitian Kualitatif berdasarkan latar alamiah sebagai sumber data langsung dan peneliti merupakan instrumen kunci).
  2.   Qualitative Research is descriptive. The data collected is un the form of words of pictures rather than number (Penelitian Kualitatif adalah deskriptif. Data dikumpulkan dalam bentuk kata berdasarkan gambar bukan angka).
  3.   Qualitative Research are concerned with process rather than simply with outcomes or products (Penelitian Kualitatif lebih kepada proses tidak hanya dengan hasil atau produk).
  4.   Qualitative Research tend to analyzed their data industively (Penelitian Kualitatif cenderung menganalisis data secara industif).
  5.   Meaning is of essential to the qualitative approach (Pendekatan kualitatif merupakan yang terpenting).






B. Kapan Metode Kuantitatif dan Kualitatif Digunakan
1.            Penggunaan Metode Kuantitatif
  1. Bila masalah yang merupakan titik tolak penelitian sudah jelas
  2. Bila penelitian ingin mendapatkan informasi yang luas dr suatu populasi, walaupun tidak mendalam
  3. Bila ingin diketahui pengaruh perlakuan/treament tertentu terhadap yang lain
  4. Bila peneliti bermaksud menguji hipotesis penelitian, baik deskriptif, kompratif, maupun asosiatif
  5. Bila peneliti ingin mendapatkan data yang akurat berdasarkan penomena yang empiris dan dapat diukur
  6. Bila ingin menguji terhadap adanya keragu-raguan  tentang validitas pengetahuan, teori dan produk tertentu

2.            Penggunaan Metode Kualitatif
  1. Bila masalah penelitian belum jelas, masih remang-remang atau mungkin masalah masih gelap
  2. Untuk memahami makna dibalik data yang tampak
  3. Untuk memahami interaksi sosial
  4. Memahami perasaan orang
  5. Untuk mengembangkan teori
  6. Untuk memastikan kebenaran data
  7. Meneliti perkembangan sejarah

B. STUDI PENDAHULUAN
       Memperjelas masalah
       Menjajagi kemungkinan dilanjutkan penelitian
       Mengetahui apa yang sudah dihasilkan orang lain bagi penelitian yang serupa dan bagian mana dari permasalahan yg belum terpecahkan
       Studi literatur (paper)
       Mengadakan peninjauan ke lokasi penelitian (place)
       Berkonsultasi dengan para ahli (person)

Search This Blog